Contoh Soal Olimpiade Matematika SMP dan SMA Lengkap

Contoh soal olimpiade matematika SMP untuk Anda atau anak didik yang akan segera melangsungkan tes olimpiade matematika nanti. Contoh soal yang kami bagikan sangat lengkap, sangat cocok untuk kamu yang akan berlatih mengerjakan soal ujian ini.

Latihan Contoh Soal Olimpiade Matematika SMP di Situs Kami, Dijamin Berhasil!!

Seperti yang kami sudah sampaikan pada judul diatas, kami menyajikan contoh soal olimpiade matematika SMP dan penyelesaiannya secara lengkap. Ditambah pembahasan-pembahasan terbaru dari pakar matematika Bimbel (Bimbingan Belajar) seperti Ganesha Operation, Neutron dan lain sebagainya.

Baca juga soal olimpiade lainnya, seperti:
  1. Soal Olimpiade Matematika Nilai Mutlak
  2. Soal Olimpiade Asah Otak
Contoh soal yang akan kami berikan berbentuk PDF, jadi Anda bisa langsing cetak dan kerjakan langsung. Untuk contoh soal olimpiade matematika SMP dengan contoh soal SMA, kami pisah berdasarkan jenis file untuk memudahkan Anda. Silakan ambil dibawah;

&


Contoh Soal Olimpiade Matematika SMP dan SMA



Sejarah Olimpiade Matematika!!

Buat kamu yang akan mengikuti olimpiade matematika, alangkah baiknya mengerti sejarahnya juga! bagaimana sih sejarahnya?

OMI (Olimpiade Matematika Internasional) pertama diselenggarakan di Rumania pada 1959. Sejak itu, OMI telah diselenggarakan setiap tahun kecuali pada 1980. Sekitar 90 negara mengirimkan timnya yang terdiri atas (paling banyak) enam siswa masing-masing (ditambah seorang pemimpin tim, satu wakil pemimpin tim dan pengamat-pengamat). 

Tim-tim ini tidak semuanya diakui – semua angka hanya diberikan kepada peserta masing-masing. Para peserta harus berusia di bawah 20 tahun dan tidak boleh pernah menempuh pendidikan pasca-sekolah menengah. Sejauh memenuhi syarat-syarat ini, seorang peserta dapat ikut serta berapa kali dalam OMI.


Bagaimana Cara Tes di OMI?

Nih buat kamu yang belum tahu! Kertas tes'nya terdiri atas enam problema, dengan masing-masing problema bernilai 7 angka. Jadi total nilainya 42. Ujian ini diselenggarakan dalam dua hari berturut-turut; peserta diberi waktu empat setengah jam untuk memecahkan tiga problema setiap harinya. Problema-problema ini dipilih dari berbagai bidang matematika sekolah menengah, yang secara umum diklasifikasikan sebagai geometri, teori bilangan, aljabar, dan kombinatorika. Mereka tidak membutuhkan pengetahuan matematika yang lebih tinggi, dan pemecahan-pemecahannya singkat dan elegan. Namun untuk mendapatkan jawabannya dibutuhkan kecakapan dan kemampuan matematika luar biasa. (Wikipedia)



Referensi Aplikasi Admnistrasi Guru :