Proposal Pengajuan MCK Format Word

Proposal Pengajuan MCK Format Word



PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Kearifan nilai-nilai sosial budaya lokal dalam aspek kegotongroyongan dan keswadayaan patut didayagunakan, dilestarikan, dan dikembangkan, agar menjadi potensi efektif dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat desa. Nilai-nilai budaya daerah, khususnya budaya Sunda, sudah lama dan berlaku dalam tata kehidupan masyarakat. Nilai-nilai tersebut dapat difungsikan untuk mengatasi berbagai masalah kemiskinan dan permasalahan sosial lainnya. Keguyuban, gotong royong, dan kebersamaan dalam melaksanakan berbagai kegiatan kemasyarakatan dan pembangunan di lingkungan tempat tinggal dengan prinsip sabilulungan patut digalakkan guna menyelesaikan berbagai masalah sosial masyarakat.
Prinsip ini akan terasa dan terlihat indah apabila dalam setiap kegiatan seperti dalam membangun sarana dan prasarana sosial misalnya pembangunan masjid, jembatan, MCK dan perbaikan saluran air yang dibutuhkan oleh masyarakat, dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat. Betapa indahnya, apabila spontanitas masyarakat dalam menolong anggota masyarakat lainnya yang terkena musibah atau dalam membantu membangun rumah tidak layak huni, adanya lumbung desa, dana modal bergulir dan kegiatan sosial lainnya merupakan perwujudan bersama dalam ISTILAH SUNDA “nulung kanu butuh, nalang kanu susah”.
B.   DASAR PEMIKIRAN
Bahwa sarana kegiatan MCK dan Air Bersih ini, telah dibahas dan di agendakan didalam serta tercantum n 2017, akan tetapi karena keterbasan dan yang ditrima oleh pemerintahan desa maka rencana kegiatan ini belum terealisasi sebab banyak kegiatan yang telah diprioritaskan. Rencana kegiatan ini juga merupakan kebutuhan yang sangat mendesak dan dibutuhkan oleh  akan tetapi peluang untuk memasukan dalam anggaran keuangan sekolah sangat minim.
C.   MAKSUD
Adapun maksud dari Pembuatan MCK  ini adalah untuk :
1.   Menjaga Kebersihan Lingkungan dari Tradisi Buang Air Sembarangan
2.   Meningkatkan kesehatan masyarakat dengan terpenuhinya kebutuhan akan air bersih
3.   peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan tata kelola lingkungan yang baik
D.  Tujuan
Tujuan pembangunan dari pemerintahan Ngrandu yang merupakan implementasi dari Misi dan Visi Pemerintahan Desa Ngrandu dan  kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1.Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat di dalam area perdesaan yang modern, sehingga dapat dicukupi kebutuhan dasar dengan prioritas meningkatkan kecerdasan dan derajat kesehatan masyarakat yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2.Meningkatkan pemerataan pembangunan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses penentuan kebijakan;
3.Meningkatkan pengelolaan lingkungan yang lestari dan mengoptimalkan pemanfaatan potensi desa yang berwawasan lingkungan.
E.   Sasaran
Dengan memperhatikan tujuan tersebut di atas, maka sasaran kegiatan ini sebagai berikut:
1.   Meningkatnya persatuan dan kesatuan masyarakat.
2.   Meningkatnya peran aktif masyarakat dalam pembangunan.
3.   Meningkatnya kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan.
4.   Meningkatnya rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.
BAB II
GAMBARAN UMUM WILAYAH
A.   Profil Desa
Nama desa         : Ngrandu
Alamat kantor     : Jalan Raya Monggot
Kecamatan         : Geyer
Kabupaten          : Grobogan
Provinsi              : Jawa Tengah
Kode Pos            : 58172
  1. Batas Desa Pondokpanjang
Desa Ngrandu  berada di daerah selatan kabupaten Grobogan yang secara administrative termasuk kecamatan Geyer dengan batas administrates sebagai berikut:
    1. Sebelah utara berbatasan dengan desa Pepe
    2. Sebelah selatan berbatasan dengan Kab Sragen
    3. Sebelah timur berbatasan dengan desa Jimbar
    4. Sebelah barat berbatasan dengan desa Monggot
  1. Kondisi Geografis dan Kependudukan
Luas wilayah Desa Pondokpanjang adalah +  1812 Ha, sehingga dengan luas wilayah tersebut dapat membantu perekonomian masyarakat dari sector pertanian, terutama  padi ( sawah). Kondisi demografis berupa pantai, daratan hutan ladang, pegunungan, areal pesawahan serta areal hutan pemerintah.
  1. Mata Pencaharian
        Mata pencaharian penduduk desa pondok panjang mayoritas petani, nelayan, buruh harian lepas, pedagang, dan wiraswasta serta 5 % adalah pegawai negeri sipil dan tenaga honorer merupakan komponen penting pendukung usaha – usaha pertanian, dengan kompleksitas masyarakat inilah warga desa pondokpanjang menjadi prasyarat menuju swasembada pangan secara local dan nasional. 
BAB IV
PENUTUP
  1. Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan tersebut diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.   Pembangunan Desa pada hakikatnya adalah Pembangunan bangsa secara umum, karena desa merupakan subjek yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.
2.   Pembangunan Sumber Daya Manusia dapat diawali dengan pembangunan lingkungannya terlebih dahulu.
3.   MCK  merupakan sarana kebersihan bagi pemenuhan kebutuhan akan air bersih.
4.   Waktu dan Pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun 2017-2018
Demikian Proposal ini kami buat untuk ditindaklanjuti dan diindahkan. Mengingat pentingya pembangunan desa kami yang merupakan Implementasi dari Visi dan Misi Desa Pondokpanjang yang didalamnya termasuk Pembangunan Manusia dan Lingkungan. Atas perhatian dan kerjasamanya terhadap Pembangunan Desa kami, diucapkan rasa terima kasih kami yang sebesar – besarnya.


Download File


Demikian yang bisa kami sajikan semoga bermanfaat.

Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Proposal Pengajuan MCK Format Word"

    Post a Comment